Tips Tradisional Untuk Mengatasi Asam Urat

2 Apr

Seseorang yang memiliki kadar asam urat terlalu tinggi dapat menimbulkan rasa nyeri luar biasa di persendian, terutama di bagian kaki.

Tips Tradisional Untuk Mengatasi Asam Urat

Dalam dunia medis, asam urat yang disebut Gout adalah tipe Artritis yang disebabkan akumulasi asam urat dalam tubuh. Kristal atau batu asam bisa terbentuk di dalam persendian dan menyebabkan rasa sakit yang intens dan peradangan. Pada umumnya, asam urat akan menyerang mulai dari ujung jari kaki. Namun begitu, kristal / batu asam urat bisa terbentuk di mana saja di dalam tubuh.

Sebagian individu dengan asam urat yang sudah menyebar di persendian dan otot, nantinya dapat masuk ke kondisi yang dinamakan Gouty Artritis. Gouty Artritis biasanya menyerang persendian lutut, pergelangan kaki, pinggul, tangan dan kaki.

Adapun berbagai faktor risiko gout karena asam urat terjadi pada mereka yang :

  • Obesitas
  • Penyakit asam urat cenderung dialami mereka yang berusia lebih tua dan kaum pria.
  • Hobi mengonsumsi makanan sumber purin
  • Pecandu atau orang yang hobi minum alkohol
  • Menderita diabetes atau tekanan darah tinggi
  • Memiliki gangguan ginjal
  • Memiliki riwayat asam urat di keluarga.

Mencegah asam urat disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung purin seperti daging merah, jeroan, seafood, biji-bijian, lentil dan sayuran hijau tua. Gula juga harus dihindari karena bisa menaikkan kadar asam urat.

Sebaiknya perbanyak konsumsi seperti buah dan sayur segar karena dapat menaikkan kadar alkalin tubuh, yang pada gilirannya dapat menetralisir efek asam urat. Anda juga bisa meminum air putih sedikitnya satu setengah liter air putih setiap hari untuk mempercepat metabolisme asam urat agar segera dibuang oleh tubuh.

Tips Tradisional Untuk Mengatasi Asam Urat

Jenis buah-buahan untuk mengatasi asam urat antara lain ceri. Buah ceri bisa membantu karena mengandung Proanthocyanidin yang ampuh untuk menetralisir asam urat dan inflamasi karena asam urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *