Tips Menghindari Asam Urat Kambuh Di Malam Hari

30 Dec

Rasa sakit di sendi-sendi akibat asam urat, kadang tidak bisa hanya ditahan saja. Bagaimanapun, penanganan harus segera dilakukan guna agar asam urat membaik secepatnya.

Tips Menghindari Asam Urat Kambuh Di Malam Hari

Seperti dalam studi yang dilakukan oleh para ahli terkait, menjelaskan jika 250% waktu istirahat pasien penderita asam urat saat malam hari, mereka bisa mengalami kekambuhan. Lalu, dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal Arthritis & Rheumatology yang diikuti oleh lebih dari 700 pasien asam urat selama setahun menemukan kekambuhan sering muncul di tengah malam sampai jam 8 pagi.

Hal ini ditemukan pada pasien asam urat, tanpa membandingkan antara gender, usia, berat badan, dan obat-obatan yang digunakan. Penyebabnya belum bisa dipastikan oleh para peneliti karena keterbatasan waktu. Tapi, mereka melihat kemungkinan lain dari faktor dehidrasi dan turunnya kadar hormon kortisol.

Untuk itu, sejumlah saran direkomendasikan bagi penderita asam urat agar saat keluhan sakit karena asam urat kambuh di malam hari di waktu istirahat Anda yang berharga, Anda bisa mencoba mencegahnya dengan melakukan ketiga hal berikut ini.

1. Minum obat asam urat.

Jika Anda sebelumnya telah diresepkan obat asam urat, Anda harus patuh dengan jadwal minum obat. Obat-obatan tersebut terbukti bisa membantu mencegah serangna asam urat dengan menyingkirkannya dari sistem tubuh Anda. Jika belum, coba konsultasikan ke dokter apakah Anda bisa mengonsumsi obat tersebut.

2. Hindari makanan dan minuman pemicu asam urat.

Sebelum tidur sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa memicu asam urat. Ini seperti alkohol, daging dan jeroan, seafood, kacang lentil, sayur bayam, dan jamur.

3. Minum banyak air.

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi membantu kinerja ginjal, termasuk untuk membuang asam urat agar dikeluarkan melalui urin.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *