Tips Diet Sehat Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

27 Apr

Asam urat dan kolesterol, keduanya bisa jadi keluhan yang terjadi bersamaan dan keduanya juga bisa berkaitan satu sama lain. Adapun kerugian dari asam urat dengan kadar tinggi dapat menimbulkan penyakit Gout maupun terjadinya batu urat di ginjal. Sama halnya juga dengan kadar kolesterol tinggi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner akibat terbentuknya plak di pembuluh darah.

Tips Diet Sehat Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar kadar asam urat maupun kolesterol total yang agak tinggi menurun, salah satunya adalah dengan melakukan diet untuk menurunkan kadar asam urat.

Asam urat sendiri tidak lain adalah hasil dari pemecahan purin yang didapat baik dari makanan maupun dari tubuh sendiri yang memproduksinya. Dengan melakukan diet rendah asam urat bertujuan untuk mengendalikan produksi asam urat dalam tubuh dan membantu meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh.

Dalam jumlah makanan sehari-hari misalnya, jumlah purin yang dikonsumsi sekitar 600-1.000 mg/hari. Diet rendah purin hanya memperbolehkan seseorang mengonsumsi bahan makanan yang mengandung sekitar 100-150 mg purin/hari. Anda juga sebaiknya menghindari mengonsumsi bahan makanan yang mengandung tinggi purin (sekitar 100-1.000 mg purin/100 g bahan makanan) seperti daging merah, jeroan, roti manis, unggas, daging rusa, seafood (remis, kepah, kepiting, udang, lobster, scallop, ikan-ikan kecil termasuk ikan teri, hering, makarel, sarden). Batasi konsumsi (masih boleh dikonsumsi, tetapi dalam jumlah terbatas sekitar 1-2 porsi/hari) bahan makanan yang mengandung purin dalam jumlah sedang (sekitar 9-100 mg purin/100 g bahan makanan) seperti jamur, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, kacang kedelai, pisang, nangka, bayam, jagung manis, tauge, buah yang dikeringkan, dan lain-lain.

Jenis makanan yang mengandung rendah purin diperbolehkan untuk dikonsumsi antara lain yaitu buah-buahan dan sayuran segar kecuali yang disebutkan di atas, susu, keju, telur, cereal, pasta, mie, nasi, kopi, cokelat, dan lainnya. Kurangi konsumsi lemak jenuh karena lemak jenuh akan menurunkan kemampuan tubuh mengeluarkan asam urat. Batasi alkohol, bir, ragi, dan minum air putih dalam jumlah cukup karena akan membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh.

Untuk diet menurunkan kolesterol, kolesterol termasuk bahan seperti lemak yang ada dalam darah. Kolesterol yang berada dalam darah berasal dari tubuh yang mensintesis dan juga dari makanan. Oleh karenanya, anjuran kolesterol sekitar kurang 200 mg/hari bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol darah yang tinggi. Adapun bahan makanan yang kaya kolesterol seperti : Kuning telur 210 mg/butir Cavier 94 mg/satu sendok makan Hati 564 mg/100 gr Kerang 105 mg/100 gr Mentega 215 mg/100 gr Udang 260 mg/100 gr Cumi 260 mg/100 gr Fast food 235 mg/100 gr * Olahraga sebaiknya dilakukan secara teratur dan terukur sebanyak 3-4x seminggu. (sumber health kompas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *