Tanda-tanda Asam Urat Anda Sedang Naik

23 Mar

Kita tentu mengetahui bahwa tidak hanya kolesterol berlebih yang menyebabkan masalah kesehatan untuk tubuh, namun juga asam urat berlebih. Naiknya kadar asam urat seringkali memang tidak dapat disadari oleh penderita bahkan cenderung terabaikan akibat gejalanya yang tidak nampak. Asam urat memang tidak terlihat secara kasat mata namun hanya bisa dipastikan dengan cek darah.

Pemeriksaan asam urat biasanya dibagikedalam dua hasil sekaligus, yakni dari kadar asam urat dan koelsterol yang keduanya saling berkaitan. Asam urat tinggi ini tidak boleh diabaikan karena saat kadarnya naik bisa menyebabkan komplikasi serius. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut ada baiknya untuk Anda mengetahui ke-7 Tanda-tanda Asam Urat Anda Sedang Naik berikut ini.

Tanda-tanda Asam Urat Anda Sedang Naik

1. Persendian nyeri (ngilu).

Tanda-tanda yang dirasakan penderita asam urat saat kadar asam uratnya naik / meningkat adalah nyeri sendi yang disertai ngilu. Hal tersebut terjadi karena persendian yang menjadi tempat menumpuknya zat purin penyebab asam urat.

2. Sering kesemutan.

Saat Anda tiba-tiba merasakan sering kesemutan, bisa jadi itu merupakan sinyal dari tubuh akan tingginya kadar asam urat. Area yang sering mengalami kesemutan tidak lain seperti persendian jari tangan, sendi kaki dan lipatan tubuh.

3.  Area persendian terasa panas.

Bagian tubuh terutama persendian terasa panas yang jika dibiarkan menjadi kemerahan hingga membengkak. Jika Anda mengalami hal ini, perlu dicurigai akibat asam urat tinggi.

4. Mengalami pembengkakan.

Saat bengkak tiba-tiba muncul di area persendian seperti kaki, jempol, tangan dan yang lainnya merupakan tanda yang diberikan tubuh akibat tingginya kadar asam urat. Jika mengalami hal ini, jangan pernah memijat bagian tubuh yang membengkak karena dapat memperparah peradangan.

5. Munculnya ruam kemerahan di kulit

Setelah pembengkakan, umumnya berlanjut pada ruam kemerahan pada kulit sekitar persendian.

6. Merasakan badan pegal-pegal dan nyeri di malam hari.

Saat kadar asam urat naik, seseorang akan mudah merasakan pegal-pegal dan loyo meskipun tidak melakukan aktivitas berat. Rasa nyeri dan pegal-pegal tersebut akan semakin berat saat malam hari karena memang reaksi zat purin akan lebih terasa di malam hari.

7. Sering buang air kecil saat malam hari.

Mengkristalnya zat purin mengakibatkan gangguan pada saluran kemih sehingga mengakibatkan seseorang menjadi sering kecing di malam hari.

Dalam menangani asam urat tinggi, selain melakukan Pengobatan, sebaiknya mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, karena kunci dari pengobatan asam urat yang aman adalah dengan menjaga pola makan, tidur, dan berolahraga rutin. Itu saja, semoga bermanfaat, salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *