Solusi Mengobati Asam Urat Tanpa Obat

14 Aug

Asam urat merupakan penyakit yang salah satu faktor penyebabnya adalah pola makan yang tidak dijaga. Asam urat biasanya terjadi pada orang-orang lanjut usia, namun sekarang ini bahkan orang-orang yang lebih muda di usia 30 tahunan juga bisa mengalami asam urat.

Solusi Mengobati Asam Urat Tanpa Obat

Gout artritis, adalah gangguan asam urat yang disebabkan oleh menumpuknya kadar asam urat di dalam darah yang tidak mampu dikeluarkan ginjal.

Asam urat ini sebenarnya berasal dari hasil metabolisme purin, semacam protein yang sumbernya banyak berasal dari produk hewani dan minuman yang mengandung alkohol. Purin dalam jumlah kecil bermanfaat untuk metabolisme tubuh, namun saat purin dalam tubuh memiliki jumlah banyak, dampaknya berakibat pada penumpukan kadar asam urat yang tidak dapat dikeluarkan tubuh sehingga akhirnya menyebabkan terserang asam urat.

Contohnya saja, pada orang-orang yang tergolong masih muda dan menderita asam urat. Biasanya, hal ini terjadi akibat konsumsi makanan dengan kadar purin tinggi dan berlebihan, tanpa mengimbanginnya dengan sumber nutrisi lain.

Solusi Mengobati Asam Urat Tanpa Obat.

Menurut penjelasan dari dr. Adhiatma Gunawan, pada situs meedoctor dikatakan jika ada beberapa cara yang dapat dilakukanu ntuk menyembuhan asam urat, salah satu kunci utamanyaa dalah dengan memodifikasi gaya hidup. Bagaimana caranya? Prinsipnya yaitu jangan biarkan purin didalam tubuh menumpuk sampai-sampai tidak dapat dikeluarkan lagi oleh ginjal. Nah, berikut ini adalah tips menyembuhkan asam urat tanpa harus minum obat.

  • Mengurangi konsumsi jenis makanan yang banyak mengandung purin.

Makanan sumber purin tinggi berupa sumber protein hewani seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, kambing dan babi, ayam, otak dan jeroan. Jika ingin mengonsumsi sumber protein, konsumsilah protein murni seperti putih telur, protein nabati, serta protein yang merupakan sumber asam lemak esensial seperti ikan salmon dan tuna.

  • Minum banyak air putih.

Sekitar 2 liter perhari atau bahkan lebih saat asam urat sedang parah-parahnya. Dengan minum banyak air putih, dapat membantu melancarkan aktifitas ginjal dan kandung kemih sehingga makin banyak zat purin yang terbuang dari dalam tubuh.

  • Imbangi diet sehat dengan olahraga.

Olahraga juga baik untuk penderita asam urat dengan manfaat semakin melarutkan dan membuang asam urat dari dalam tubuh. Jika merasa kesakitan, tidak perlu memaksa melakukan olahraga berat. Anda bisa mencoba olahraga seperti angkat beban ringan, yoga, jalan kaki atau bersepeda perlahan-lahan, dan lakukan dengan konsisten setiap minggu.

Perbanyak konsumsi makanan yang bisa melancarkan pencernaan dan proses sirkulasi. Salah satunya adalah makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral dan serat. Sayur-sayuran segar dan buah adalah kandidat yang baik untuk makanan sehari-hari bagi penderita asam urat.

Baca lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *