Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

19 Feb

Penderita asam urat mungkin akan menjalani hari-hari menyakitkan terlebih saat asam urat mereka kambuh. Kondisi ini tentu saja menganggu terlebih bagi mereka yang memiliki aktivitas banyak.

Biasanya, asam urat pada penderitanya kambuh akibat mereka tidak sadar mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin tinggi. Makanan-makanan dengan kandungan purin tinggi lebih banyak berasal dari daging dan jeroan. Namun ternyata, beberapa jenis sayuran juga harus dihindari oleh penderita asam urat karena memiliki kandungan tinggi purin. Dampak dari mengkonsumsi makanan tinggi purin dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Sebenarnya, secara alami purin bisa ditemukan dalam beragam jenis makanan. Saat tubuh Anda mencerna purin, nantinya akan menghasilkan asam urat sebagai produk limbah. Jika asam urat menumpuk dalam tubuh, efeknya menyebabkan sakit kronis, pembengkakan dan nyeri di sendi.

Dan yang terjadi saat tubuh mendapatkan asupan purin lebih banyak, maka asam urat akan mengkristal dan terkumpul di persendian, menyebabkan inflamasi (peradangan), hingga pembengkakan yang menjadi tanda-tanda dan gejala klasik asam urat.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, berikut adalah sayuran yang sebaiknya dihindari penderita asam urat.

Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

1. Bayam.

Bayam dan sayuran asparagus mengandung purin, namun tidak sampai menyebabkan kerusakan sebanyak purin dari produk daging karena purin pada sayuran dapat dikeluarkan dari tubuh lebih mudah ketimbang produk hewani. Namun, jika Anda menderita asam urat, sebaiknya hindari konsumsi sayuran tersebut.

2. Kembang kol.

Kembang kol termasuk salah satu sayuran yang ternyata memiliki kandungan purin cukup tinggi. Menurut AcuMedico, purin untuk kembang kol adalah 51 g per 100 g kembang kol.

3. Kacang-kacangan.

Kacang-kacangan masuk daftar produk nabati yang tinggi purin dan harus dihindari oleh penderita asam urat. Kacang polong berada di peringat atas untuk kandungan purin tertinggi, yakni 5-100 mg purin per 3,5 ons.

4. Jamur.

Jamur mengandung cukup tinggi purin dalam setiap porsi. Hal ini membuatnya menjadi pengganti daging yang buruk bagi mereka yang mencoba mengikuti diet asam urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *