Pria Menderita Asam Urat Beresiko Mengalami Disfungsi Ereksi

25 Nov

Menurut data dari penelitian yang dilakukan oleh sekelompok para ahli, yang dipimpin oleh spesialias rematik yaitu Dr Naomi Schlesinger dari Rutgers-Robert Wood Johnson Medical School di New Brunswick, New Jersey, menemukan bahwa satu dari tiga pasien Gout (asam urat) menderita disfungsi ereksi.

Pria Menderita Asam Urat Beresiko Mengalami Disfungsi Ereksi

Para ahli tersebut meneliti sekitar 201 pria yang berusia 18 tahun sampai 89 tahun yang menjadi pasien klinik rematologi pada rentang tahun Agustus 2010 sampai Mei 2013. Dari jumlah tersebut, 83 diantaranya memiliki asam urat.

Para pria dalam studi ini menyampaikan riwayat kesehatan mereka dan menjalani pemeriksaan fisik dan mengambil beberapa tes laboratorium. Mereka diminta untuk mengisi kuesioner standar tentang kesehatan seksual.

Kuesioner ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan untuk ereksi dan penetrasi selama hubungan seksual, kekuatan ereksi serta kepuasan seksual dikelompokkan dalam lima tingkatan, diantaranya :

  • Tidak ada disfungsi seksual (26-30 poin),
  • Gangguan ringan (22-25),
  • Gangguan ringan-sedang (17-21),
  • Disfungsi sedang (11-16) dan
  • Disfungsi ereksi berat (1-10).

Pada pria yang menderita asam urat, ada sekitar 76% mengalami disfungsi ereksi dari jumlah keseluruhan.

Pria dengan asam urat lebih mungkin untuk mengalami disfungsi ereksi berat (kemungkinan 43%) dibandingkan dengan pria tanpa asam urat yang juga memiliki disfungsi ereksi, yaitu hanya 30%. Lebih banyak pria dengan Gout tophaceous (gout kronis di mana kristal asam urat telah mengendap sebagai gumpalan di sendi-sendi) memiliki disfungsi ereksi dibandingkan pria dengan asam urat yang belum parah.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *