Penyakit Asam Urat Dipicu Dari Konsumsi Kacang Berlebih

24 Sep

Sebagian orang-orang di dunia, mengagumi penganan yang satu ini. Kacang, ya, siapa yang tidak suka kacang. Selain rasanya enak, jenis kacang yang bermacam-macam juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Kacang-kacangan juga memiliki kandungan nutrisi di dalamnya. Namun, jika terlalu banyak mengkonsumsinya, tentu tidak akan baik. Terlebih jika Anda penderita asam urat, mengkonsumsi kacang berlebih dapat memicu kambuhnya penyakit asam yrat.

Penyakit Asam Urat Dipicu Dari Konsumsi Kacang Berlebih

Seperti yang dituturkan oleh Esra Lines, ahli gizi saat diwawancarai di Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda, “Di dalam kacang-kacangan mengandung protein nabati yang dibutuhkan tubuh. Namun, purin yang terkandung juga tinggi,”.

Purin merupakan zat alami yang berada pada sel tubuh, dan bisa ditemukan pada hewan maupun tumbuhan. Umumnya, zat purin tinggi bahkan ditemukan lebh banyak di sayuran daripada daging. Purin yang telah masuk kedalam tubuh akan dimetabolisme menjadi asam urat. Kondisi ini sebenarnya adalah hal normal, karena termasuk proses dari sistem metabolisme tubuh secara alami. Asam urat berfungsi sebagai zat antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi lapisan pembuluh darah.

Lanjut Esra menerangkan jika kadar purin yang masuk dalam tubuh berlebihan, maka kadar asam urat juga secara otomatis akan berlebihan. Akibatnya, terjadi penyakit asam urat. Jika kadar asam urat tinggi dan berlebih, maka akan memicu terjadinya peradangan sendi yang menyebabkan sendi-sendi terasa nyeri, perih, bengkak dan kaku. Biasanya sendi yang paling sering mencolok akibat penyakit asam urat ini ada pada jempol kaki. Selain pembengkakan, nyeri, perih dan kaku, gejala lainnya dari asam urat adalah terbentuknya kristal-kristal tajam asam urat di sekitaran sendi, dan akan sangat menyakitkan bagi penderitanya.

Untuk itu, lanjut keterangan Esra jika sebaiknya Anda membatasi konsumsi kacang karena setiap orang memiliki sistem metabolisme atau ketahanan tubuh yang berbeda-beda.

Baca juga : Kelebihan Berat Badan Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Penyakit Asam Urat Dipicu Dari Konsumsi Kacang Berlebih |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *