Jenis Obat Asam Urat Yang Bisa Ditemukan Di Apotek

16 Mar

Asam urat termasuk penyakit radang sendi yang dapat dialami siapapun. Karena itu, tidak jarang orang yang memiliki penyakit asam urat akan mengalami beberapa gejala seperti mengalami rasa nyeri dan bengkak pada persendiannya.

Dokter mungkin akan meresepkan obat asam urat untuk membantu meringankan gejala yang muncul pada asam urat. Nah Anda juga bisa mencari obat asam urat sendiri di apotek terdekat.

Jenis Obat Asam Urat Yang Bisa Ditemukan Di Apotek

Dan berikut adalah obat asam urat yang biasanya dokter berikan kepada pasien penderita asam urat yang dapat ditemukan di apotek.

1. Obat NSAID (non-steroid anti peradangan).

NSAID merupakan jenis obat penghilang rasa sakit, nyeri, serta peradangan. Contoh jenis obat NSAID adalah ibuprofen, naproxen sodium, serta indometasin. Semua obat-obatan tersebut diberikan untuk meringankan rasa nyeri yang timbul akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi. NSAID tidak memiliki efek samping yang dapat membahayakan kesehatan, hanya memiliki efek samping dengan gejala yang ringan. Akan tetapi dalam kasus yang ekstrim, Anda bisa saja mengalami gejala seperti, lambung mengalami perdarahan, perdarahan pada usus, dan masalah jantung.

2. Colchinie.

Colchinie (Colcrys, Mitigare) adalah jenis obat penghilang rasa sakit yang sering kali diberikan dokter untuk penderita asam urat. Obat asam urat ini bekerja dengan dua cara yang berbeda yaitu untuk mengobati gejala asam urat akut dan mencegah kambuhnya asam urat. Apabila Anda mengalami gejala asam urat seperti demam dan sendi bengkak yang parah, maka umumnya dokter akan menyarankan untuk meminum Colchinie sebanyak 2 kali dalam satu waktu.

3. Kortikosteroid.

Obat asam urat Kortikosteroid (Meticorten, Sterapred, Sterapred DS) akan diberikan jika obat NSAID dan Colchinie tidak dapat mengatasi gejala asam urat yang dialami oleh penderita. Sama halnya dengan NSAID dan Colchinie, Kortikosteroid mempunyai fungsi utama yaitu sebagai penghilang rasa sakit. Kortikosteroid diberikan dalam bentuk pil atau cairan suntikan.

Itu dia Jenis Obat Asam Urat Yang Bisa Ditemukan Di Apotek rekomendasi dari artikel yang dimuat sebelumnya oleh lifestyle okezone, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *