Obat Asam Urat Merk Zyloric

23 Apr

Gangguan asam urat bisa dialami oleh siapa saja. Namun, tidak semua penderitanya mendapatkan obat dan pengobatan yang tepat.

Obat Asam Urat Merk Zyloric

Salah satu rekomendasi obat untuk mengatasi asam urat yang biasanya disarankan adalah Zyloric. Zyloric merupakan suatu merek dagang obat yang berisi alopurinol. Manfaat dari obat asam urat Zyloric tidak lain yaitu mengeluarkan kelebihan asam urat yang terdapat di dalam darah. Oleh karena itu obat ini digunakan untuk mengobati atau mencegah munculnya penyakit-penyakit yang disebabkan oleh tingginya asam urat. Angka 300 mg menunjukkan besarnya kandungan allopurinol yang dikandung oleh Zyloric.

Tidak hanya untuk asam urat dalam darah saja, obat Zyloric juga disarankan bagi penderita penyakit berikut ini.

  • Arthritis Gout.

Arthritis Gout adalah penyakit peradangan sendi akibat penumpukan asam urat di sendi. Sendi yang meradang tampak merah, bengkak, hangat, dan nyeri. Penyakit ini biasanya kambuh ketika penderita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam urat.

  • Tophi skin.

Asam urat yang berlebihan dalam darah kadang-kadang menumpuk di dalam kulit. Penumpukan tersebut teraba sebagai benjolan yang keras tetapi masih dapat digerakkan. Tophi skin dapat muncul di mana saja di permukaan kulit terutama di permukaan kulit jari, permukaan kulit telinga, kulit kaki, dan lain-lain.

  • Nefrolitiasis.

Asam urat yang berlebihan di dalam tubuh akan dikeluarkan bersama air seni. Akibatnya, kandungan asam urat di dalam air seni turut meningkat. Hal ini akan mempermudah terbentuknya batu asam urat pada saluran kemih, mulai dari ginjal, ureter, kandung kencing, sampai uretrha.

Untuk mencegah terjadinya ketiga kelainan seperti yang disebutkan diatas, ada baiknya mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung asam urat seperti bayam, melinjo, jeroan, udang, kepiting, dan penderita sebaiknya mengkonsumsi Zyloric secara teratur dan terus menerus.

Obat Asam Urat Merk Zyloric tidak boleh diberikan pada mereka yang diketahui memiliki Hipersensitif pada allopurinol. Selain itu, tidak boleh diberikan pada ibu hamil atau menyusui. Pada serangan Arthritis gout akut, allopurinol sebaiknya tidak diberikan karena dapat memperparah peradangan sendi.

Efek samping Obat Asam Urat Merk Zyloric.

Serupa dengan obat lainnya, obat Zyloric juga memiliki efek samping. Pada umumnya, efek samping yang muncul pada mereka yang mengkonsumsi obat ini adalah :

  • Nyeri ulu hati.
  • Mual muntah.
  • Sakit kepala.
  • Gangguan indera perasa.
  • Nyeri otot.
  • Kelainan darah misalnya trombositopenia, agranulositosis, atau anemia aplastik.

Untuk kondisi ringan sebesar 100 – 200 mg perhari, untuk kondisi sedang 300 – 600 mg perhari, dan untuk kondisi berat sebesar 700 sampai 900 mg perhari. Dosis tersebut dibagi menjadi tiga dan diminum 3 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *