Nyeri Pada Lutut Tidak Selalu Karena Asam Urat

22 Sep

Berhati-hati dalam mendiagnosis suatu gejala penyakit, karena tidak semua gejala penyakit yang kita rasakan merujuk pada satu penyakit. Hal ini didasarkan pada beberapa gejala terkesan mirip, namun berbeda penyakit.

Nyeri Pada Lutut Tidak Selalu Karena Asam Urat

Seperti asam urat, ada sebagian masyarakat awam yang berpikir jika nyeri sendi pada lutut pasti terjadi karena asam urat. Namun faktanya tidak begitu, tidak semua radang sendi terjadi akibat asam urat berlebih pada tubuh. Ada ragam jenis penyakit radang sendi. Beberapa di antaranya disebabkan oleh proses penuaan dan gangguan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan radang sendi yang disebabkan oleh peningkatan asam urat disebut gout atau orang awam menyebutnya penyakit asam urat.

Asam urat merupakan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh, sehingga biasanya akan dibuang kembali oleh ginjal melalui air seni. Namun karena kondisi tertentu, kadar asam urat di dalam tubuh menjadi berlebihan. Hal inilah yang menyebabkan terbentuknya kristal urat yang menumpuk di sendi dan menyebabkan peradangan.

Asam urat atau Gout telah dikenal sejak zaman dahulu dan dianggap sebagai penyakit pria yang terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Penderita Gout ini sendiri paling banyak menyerang pria dewasa dibandingkan wanita. Sakit akibat gout ini umumnya kerap melanda di malam hari yang akhirnya menganggu waktu istirahat. Penyakit ini paling sering menyerang ibu jari kaki dan menyebabkan jempol menjadi bengkak, merah, hangat. Bahkan tubuh pun bisa ikut demam, meriang, dan pegal-pegal seperti akan terserang flu.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *