Mengobati Asam Urat Dengan Jahe Merah

3 Apr

Secara umum, Jahe merah lebih sering digunakan sebagai rempah dalam mengatasi nyeri sendi, masik angin dan juga kembung. Jahe umumnya telah dikenal sebagai salah satu bahan alami yang dapat menghangatkan tubuh dan melegakan pernafasan. Karena itu, Jahe sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh penderita penyakit asma. Dengan memadukannya bersama sereh, ramuan minuman kesehatan Jahe bermanfaat sebagai mencegah kekambuhan dari asma.

Mengobati Asam Urat Dengan Jahe Merah

Dilansir dari laman netral news, kutipan dokter Prapti Utami, M.Si dalam Pendamping Hidup Sehat (25/3/2017) tentang Jahe, Mengkonsumsi jahe harus hati hati, karena kandungan gingerol nya yang berkhasiat ini, akan dapat menimbulkan rasa panas dan iritasi pada lambung jika mengkonsusmi lebih dari kemampuan tubuh. Jadi kita memiliki kepekaan terhadap semua makanan yang masuk, sehingga kita dapat mengukur kekuatan penerimaan terhadap apa saja yang masuk mulut,” tuturnya.

Pada kandungan Jahe merah, terdapat senyawa ktif yang bernama Asam Aminino. Kandugan minyak atsiri yang terkandung di dalam Jahe merah antara lain Zingiberene dan beberapa bentuk aldehid antaralain geraniol, neral.

Semua kandungan Phytokimia  (zat kimia) yang berasal dari tanaman berinteraksi satu sama lain untuk memberi efek baik di dalam tubuh. Salah satunya adalah asam amino (arginin), yang sangat terkenal, karena manfaat yang luar biasa di dalam tubuh. Tubuh kita dapat memproduksi arginin, tetapi seiring proses penuaan terjadi maka arginin yang terbentuk sangat sedikit.

Arginin di dalam tubuh akan berubah menjadi Nitrit Oxide (NO), semacam bentukan gas yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah, melenturkan dinding pembuluh darah dengan cara melepaskan zat-zat yang melekat di dinding pembuluh darah supaya terlepas dan tidak menghambat jalur lalulintas perdarahan dalam tubuh.

Dalam kasus nyeri sendi atau dalam hal ini asam urat, Jahe membantu melebarkan pembuluh darah agar kristal urat yang ada bisa digelontor keluar dengan minum air sehingga peredaran darah menjadi lancar, zat anti radang dapat memperbaiki sel sel yang membengkak dan menimbulkan sakit.

Berikut adalah resep untuk Mengobati Asam Urat Dengan Jahe Merah.

Siapkan bahan-bahannya yang terdiri dari :

  • Jahe merah 25 gr.
  • Temulawak 25 gr.
  • Cabe jawa 20 gr.
  • Kumis kucing 30 gr.
  • Alang alang 20 gr.

Cara membuatnya :

  • Rebus air 4 gelas sampai mendidih, masukkan bahan-bahan yang sebelumnya telah dicuci bersih, rimpang yang diiris iris, kumis kucing, cabe jawa dan alang-alang, yang dipotong potong.
  • Biarkan 15 menit dengan api kecil, setelahnya matikan.
  • Hangat-hangat diminum sehari 2 kali, bisa ditambahkan gula merah atau madu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *