Manfaat Jagung Bagi Penderita Asam Urat

29 May

Asam urat sebenarnya berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat dalam meregenerasi sel. Maka dari itu, setiap peremajaan sel kita membutuhkan asam urat. Jika tubuh kekurangan antioksidan, akan banyak zat radikal bebas dan oksidan yang membunuh sel-sel baik di dalam tubuh kita. Akibatnya? Salah satu yang terjadi pada kulit adalah mudah kusam dan tidak sehat.

Apalagi jika asam urat ini memiliki jumlah berlebih di dalam tubuh. Bukannya menguntungkan, tapi juga berdampak berbahaya bagi tubuh. Akibat asam urat tinggi, akan menghasilkan purin yang tinggi juga. Dan purin tinggi ini menyebabkan Anda mengalami gangguan pada persendian. Tidak hanya rasa sakit di persendian saja, penderita asam urat juga terancam mengalami kelumpuhan serta cacat permanen.

Manfaat Jagung Bagi Penderita Asam Urat

Mengetahui Manfaat Jagung Bagi Penderita Asam Urat.

Jagung seperti yang kita ketahui, termasuk salah satu jenis tanaman pangan penghasil karbohidrat yang cukup tinggi. Sehingga tidak heran jika Jagung ini cukup terpopuler di dunia. Selain Gandum dan padi, di berbagai negara termasuk negara kita Indonesia menjadikan Jagung sebagai makanan pokok. Karenanya, selain mempunyai kandungan Karbohidrat tinggi, Jagung juga lebih aman dan baik bagi penderita Diabetes, asam lambung hingga penderita asam urat.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada Jagung diantaranya adalah Mineral, Serat yang tinggi dan Vitamin. Karena itu, Jagung termasuk makanan yang yang diklaim sangat aman bagi penderita asam urat. Bagaimana penjelasannya? Berikut selengkapnya.

  • Dalam Jagung, tidak ditemukan zat purin yang tinggi seperti yang terdapat pada makanan laut. Akan tetapi, tetap saja meskipun di katakan aman jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menjadi pemicu meningkatknya asam urat dalam darah. Jadi, pastikan untuk mengkonsumsi Jagung dalam jumlah yang wajar agar kadar asam urat tetap stabil.
  • Jagung rebus yang dikonsumsi bersamaan dengan Kentang rebus dipercaya dapat mengurangi penumpukan kristal asam urat yang menumpuk dipersendian.
  • Sehingga bisa mengurangi rasa sakit sebagai gejala asam urat.
  • Jagung manis yang direbus kemudian dicampurkan dengan Yogurt bemrnafaat dalam menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *