Manfaat Buah Ciplukan Sebagai Obat Asam Urat

29 Apr

Hampir semua kalangan masyarakat mengetahui jika buah Ciplukan, yang kita kenal dari kecil memiliki beragam manfaat untuk kesehatan termasuk penyakit asam urat.

Manfaat Buah Ciplukan Sebagai Obat Asam Urat

Asam urat sebagaimana yang kita ketahui adalah penyakit yang membuat rasa sakit luar biasa pada persendian. Bukan hanya itu, pengobatan asam urat juga sangat diperlukan dan tidak boleh ditunda. Karena jika tertunda, efek berbahaya seperti menyebabkan gangguan ginjal dan batu ginjal tidak bisa dihindari lagi.

Kembali ke topik tentang manfaat Ciplukan sebagai obat asam urat, memiliki nama latin yang disebut Physalis angulata. Dimana tumbuhan ini diperkirakan berasal dari Amerika yang menyebar ke berbagai kawasan di dunia termasuk Indonesia.

Di Indonesia, tumbuhan Ciplukan ini sekarang jarang ditemukan karena hampir sangat jarang dibudidayakan secara khusus. Namun, tanaman CIplukan masih banyak tumbuh secara alami di perkarangan, ladang, halaman, kebun-kebun dan lahan terbuka lainnya. Bahkan, kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa sebenarnya tanaman unik ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Hampir seluruh bagian tanaman Ciplukan ini mempunyai khasiat sebagai obat. Mulai dari akarnya, batang, daun dan buahnya. Salah satu khasiat yang dimiliki tumbuhan  ini adalah untuk mengatasi dan menyembuhkan asam urat. Dimana kandungan yang bermanfaat untuk pengobatan asam urat terdapat pada daun Ciplukan.

Cara membuat obat asam urat dari tanaman Ciplukan.

  • Menyiapkan satu batang tumbuhan Ciplukan, lengkap mulai dari buah, batang dan daunnya.
  • Cuci bersih semua bahan pada air yang mengalir.
  • Rebus semuanya bersamaan dengan 3 gelas air.
  • Tunggu sampai mendidih, dan dirasa air berkurang hingga sisa 1 gelas saja.
  • Saring dan dinginkan.
  • Konsumsi air tersebut rutin, untuk mencegah asam urat dan kolesterol. (Sebaiknya
  • konsumsi 2 kali dalam seminggu).

Semoga bermanfaat, salam.

Obat Asam Urat Ibu Hamil <<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *