Makanan Yang Diperbolehkan Untuk Penderita Asam Urat Dan Kolesterol

17 Jun

Sudah beberapa tahun kebelakang, tingkat kematian akibat kolesterol tinggi dan asam urat yang terjadi pada orang lanjut usia memang tidak banyak, namun  semakin meningkat. Hal tersebut terjadi karena ketidaktahuan mereka soal bahaya dari kolesterol dan asam urat, atau bahkan sedari muda kurangnya menjaga asupan makanan juga jarangnya berolahraga menjadi beberapa faktor kecil penyebab kolesterol dan asam urat terjadi di usia lanjut. Bahkan sekarang-sekarang ini kolesterol tinggi dan penyakit asam urat tidak hanya terjadi pada orang tua, tapi orang dewasa dan remaja, juga anak-anak bisa menjadi salah satu pengidapnya.

Cukup mudah sebenarnya untuk menekan kekambuhan dari kolesterol dan asam urat, kuncinya adalah dengan mengendalikan asupan makanan yang masuk kedalam tubuh. Jika salah makan atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dan asam urat, tentu Anda tidak dapat terhindar dari jeratan kedua penyakit ini. Untuk itu, sebaiknya perhatikan makanan apa yang akan Anda konsumsi, dan lihat apakah jenis makanan tersebut beresiko menaikan kadar kolesterol dan asam urat atau tidak.

Untuk itu disini saya akan berbagi informasi tentang beberapa contoh makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai penderita kolesterol tinggi dan asam urat, diantaranya :

Makanan Yang Diperbolehkan Untuk Penderita Asam Urat Dan Kolesterol

1. Makanan yang kaya kandungan serat.

Makanan mengandung serat, terbukti sangat membantu dalam proses pencernaan dan penyerapan sari makanan dalam tubuh. Selain itu serat juga bermanfaat dalam menyerap kadar asam urat dalam darah yang kemudian akan dibuang bersama urin. Serat juga bisa membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh yang mengurangi dampak kolesterol tinggi. Contoh makanan yang kaya akan serat seperti brokoli, gandum /oats, seledri, tomat, kubis dan wortel.

2. Seledri.

Seledri termasuk salah satu sayuran hijau yang membantu menurunkan kadar gula dalam darah juga menurunkan berat badan. Manfaatnya jika dikonsumsi oleh penderita kolesterol adalah, kadar kolesterol yang berlebih akan menurun secara alami, karena kandungan kalori yang rendah di dalam seledri juga memiliki kadar serat yang tinggi. Tidak hanya seledri, sayuran lainnya pun sangat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat.

3. Buah ceri.

Biasanya kita hanya tau bahwa buah ceri digunakan dalam hiasan kue, puding atau minuman segar. Tapi yang perlu Anda tau adalah ceri juga salah satu buah yang cocok menjadi cemilan untuk Anda yang menderita kolesterol tinggi dan asam urat! Hal ini bahkan telah dibuktikan berdasarkan penelitian yang dikembangkan  oleh Profesor Yiqing Zhang di Boston University. Uniknya buah ceri tidak mengandung lemak, kadar kalori yang dimilikinya juga rendah.

4. Apel.

Buah yang satu ini cukup bisa didapatkan dengan mudah. Apel adalah alah satu buah yang dapat menetralkan efek asam urat dalam tubuh. Hal tersebut terjadi karena kandungan asam malat yang terdapat di dalam buah apel. Melalui kandungan tersebutlah, dengan mengkonsumsi apel membantu pengeluaran asam urat dari tubuh  lewat saluran urin. Sementara, kandungan Pektin di dalam buah apel juga memiliki peranan untuk menurunkan jumlah kolesterol tinggi.

5. Pisang.

Pisang diketahui sebagai salah satu buah-buahan yang dapat menurunkan kadar asam urat. Berkat Alkali yang cukup tinggi juga Kalium di dalam satu buah pisang saja bisa menurunkan asam urat tinggi. Kalium adalah senyawa alami yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat karena akan membantu mencairkan asam dalam tubuh dan kemudian keluar dari tubuh lewat urin. Namun tetap perhatikan untuk tidak makan secara berlebihan karena bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Sementara kandungan kalori dalam buah pisang memiliki efek mengenyangkan dalam waktu lama dapat menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol.

6. Ikan salmon.

Salah satu ikan favorit yang enak untuk dikonsumsi ini ternyata memiliki kadar purin yang rendah sehingga aman-aman saja jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Ikan salmon juga akan menurunkan kadar kolesterol tinggi karena kandungan asam lemak omega 3 yang penting untuk memerangi kadar kolesterol buruk di tubuh.

Baca juga : Obat Untuk Sakit Asam Urat Pada Tangan Paling Mujarab

Itu dia keenam jenis makanan yang masih bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat dan kolesterol tinggi. Selagi dikonsumsi dalam jumlah wajar, Anda tidak perlu khawatir. Ingat, konsumsi makanan secara berlebihan tetap tidak baik, jadi pastikan untuk Anda tetap menjaga pola makan juga lakukan kebiasaan sehat lainnya. Semoga bermanfaat, salam!

Makanan Yang Diperbolehkan Untuk Penderita Asam Urat Dan Kolesterol |

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *