Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

2 Oct

Asam urat cukup sering dialami oleh kebanyakan masyarakat kita. Dan saat kambuh, penyakit ini menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Saat asam urat kambung paling sering terjadi karena kesalahan dalam mengkonsumsi makanan. Lalu, makanan apa yang harusnya dikonsumsi oleh penderita asam urat?

Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Sederhananya, makanan yang baik dan sehat untuk penderita asam urat adalah makanan dengan kadar purin rendah. Hal ini dikarenakan penderita asam urat cenderung memiliki kandungan purin tinggi di dalam tubuuhnya. Jika kandungan purin di dalam tubuh tidak terkendali, purin dengan sendirinya bisa menjadi asam urat dan membuat kemunculan kristal-kristal asam urat.

Jika kadar asam urat di dalam tubuh melebihi kadar normal, maka ginjal tidak akan mampu untuk mengeluarkannya. Pada akhirnya, kristal asam urat menumpuk di daerah persendian.

Rekomendasi makanan rendah purin yang bisa dikonsumsi penderita asam urat adalah daging sapi, kerang, cumi, udang dan kepiting, berkisar antara 40-60 gram sehari. Lalu jamur, kacang-kacangan, bayam, dan asparagus. Untuk asupan ini, jumlah yang diperbolehkan ialah sekitar 50-100 gram sehari. Keseluruhan dari jumlah tersebut bukan untuk satu kali makan atau satu jenis bahan makanan saja. Tetapi merupakan akumulasi dari konsumsi harian Anda.

Penderita asam urat juga sebaiknya memperbanyak asupan cairan untuk tubuh yakni mulai minum air putih 8-16 gelas sehari. Olahjraga ringan seperti jalan kaki dan yoga secara rutin juga akan menolong penderita asam urat agar tidak kambuh.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *