Makanan Rendah Purin Untuk Penderita Asam Urat

18 Feb

Sudah bukan rahasia lagi jika salah satu pemicu asam urat tinggi adalah kelebihan purin. Di dalam tubuh, sudah tersedia purin yang akan berubah menjadi asam urat untuk berperan sebagai pelindung lapisan pembuluh darah. Namun dalam kebanyakan kasus yang terjadi, akibat gangguan fungsi ginjal asam urat malah terus meningkat dan berlebih di dalam tubuh.

Kondisi tersebut menyebabkan pembentukan kristal asam urat dan akhirnya menyebabkan terjadinya penumpukan kristal asam urat di bagian sendi. Kondisi ini akan memicu pengikisan jaringan lunak. Pada akhirnya, gejala radang sendi pun muncul sehingga mengakibatkan asam urat yang menyakitkan. Agar terhindar dari ancaman rasa sakit akibat asam urat ini, sebaiknya kita mulai menyeleksi makanan yang rendah purin.

Makanan Rendah Purin Untuk Penderita Asam Urat

Berikut ini adalah beberapa Makanan Rendah Purin Untuk Penderita Asam Urat yang bisa dikonsumsi.

1. Kacang tanah.

Kacang tanah adalah pilihan makanan yang memiliki kandungan purin cukup rendah. Kacang jenis ini sangat bagus untuk para ibu hamil dan bahkan bermanfaat untuk menurunkan risiko depresi. Selain mengontrol berat badan dan mengurangi potensi jenis-jenis penyakit jantung, kacang tanah rendah purin akan baik dalam mencegah kanker usus besar dan batu empedu.

2. Jagung.

Tidak hanya kaya akan kalori, Jagung juga merupakan salah satu makanan pokok di negara kita yang memiliki sifat antioksidan, serta kandungan Mineral dan Vitaminnya adalah yang paling baik untuk tubuh. Selain rendah purin, Jagung rupanya mengandung Vitamin A cukup tinggi dan mampu diandalkan sebagai pengontrol darah tinggi dan diabetes. Khasiatnya dalam melindungi jantung serta mengurangi risiko anemia juga terpercaya.

3. Wortel.

Wortel merupakan makanan sehat penuh Vitamin dan Mineral. Dengan mengonsumsinya tak hanya akan mencegah kita dari asam urat saja, wortel pun mampu menjadi mendetoksifikasi tubuh secara alamiĀ  serta menurunkan potensi stroke maupun kanker. Untuk kesehatan kulit pun juga dapat dimanfaatkan.

4. Pisang.

Memiliki kandungan Folat, Magnesium serta Kalium yang cukup tinggi, Pisang pun rendah akan purin. Pisang adalah makanan yang bagus untuk dimasukkan ke dalam menu diet rendah purin, terutama bagi para penderita asam urat.

5. Apel.

Apel merupakan buah sehat yang siapapun bisa mengkonsumsi. Karena kandungan buah Apel ini juga rendah purin, tentu apel adalah makanan tepat untuk mencegah asam urat. Mereka yang mengalami radang sendi pun dapat diatasi dengan mengonsumsi buah ini setiap hari. Buah sehat ini merupakan cemilan yang akan membuat tubuh senantiasa sehat dan bugar.

6. Asparagus.

Asparagus termasuk jenis sayuran dengan kandungan rendah purin. Kandungan Folat dan Vitamin K juga berlimpah di dalamnya sehingga bagus untuk tubuh. Asparagus bersifat antioksidan dan antiinflamasi (peradangan), Asparagus sering dianggap sebagai diuretik alami.

7. Keju Cheddar.

Bagi Anda pecinta keju, kabar baiknya kadar purin dalam keju Cheddar termasuk rendah. Jadi bagi yang punya radang sendi maupun gejala asam urat, bisa tetap menikmati keju cheddar ini. Selain itu, keju Cheddar juga kaya akan laktosa, Mineral, Protein serta Vitamin.

8. Kentang.

Termasuk dalam jenis sayuran yang memiliki kandungan mineral penting, seperti Kalsium, Fosfor, serta zat Besi. Bahkan, di dalam makanan rendah purin ini juga tinggi akan lemak nabati dan protein serta karbohidrat. Memasukkan kentang ke dalam menu sehari-hari akan membantu pemulihan radang sendi atau asam urat.

9. Jamur.

Jamur mengandung banyak Kalium serta Karbohidrat. Selain itu Jamur rupanya tidak memiliki kadar purin tinggi. Maka ini dapat menjadi alasan bagi para penderita asam urat untuk mengonsumsi jamur.

10. Kubis.

Kubis rendah akan purin, sayuran ini juga menjadi salah satu makanan pencegah asam urat serta penurun risiko radang sendi. Kandungan pada Kubis antara lain adalah asam folat, ripoflavin, kalium, zat besi, vitamin B kompleks, serta vitamin A. Selama diet rendah purin metabolisme tubuh akan terjaga prosesnya agar tetap baik.

11. Buncis.

Jenis kacang dan sayuran satu ini betul-betul berguna bagi penderita asam urat dan radang sendi. Untuk menurunkan kadar purin tinggi dalam tubuh, batasi makanan dengan mengonsumsi makanan berpurin rendah.

12. Selada.

Satu lagi sayur yang termasuk berpurin rendah, yakni Selada. Jika sebagian besar sayuran memang mengandung purin tinggi, Selada ini dapat menjadi pilihan makanan untuk diet rendah purin. Selain mendetoksifikasi tubuh, daun selada akan mampu meningkatkan serta mengendalikan sistem imun tubuh. Seperti halnya apel, selada dapat dijadikan cemilan saat diet.

13. Lobak

Anda tidak perlu khawatir lagi akan kerusakan fungsi ginjal karena Lobak yang purinnya rendah ini bisa membantu menjaga kesehatan ginjal. Selain untuk asam urat dan penyakit ginjal, lobak pun baik untuk mengatasi penyakit hati, kanker dan wasir.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *