Makan Jeroan Tidak Akan Menyebabkan Asam Urat

28 Jan

Anda mungkin penggemar makanan jeroan? Tapi sayang, Anda tidak bisa memakan makanan favorit tersebut karena penyakit asam urat. Sudah jelas bahwa makanan jeroan ini kaya akan kandungan protein dapat menaikan jumlah purin semakin tinggi yang pada akhirnya akan menyebabkan asam urat.

Makan Jeroan Tidak Akan Menyebabkan Asam Urat

Namun, menurut salah satu forum dokter menjelaskan, jeroan masih bisa Anda konsumsi jika cara memasaknya dengan benar. Biasanya memang, jeroan akan dimasak dengan dibuat sop atau soto. Ini karena jeroan membutuhkan proses masak yang cukup lama agar empuk. Ketika proses merebus bagian jeroan akan mengeluarkan bau yang cukup amis, nah untuk menghilangkan bau tidak sedap ini, ditambahkan rempah-rempah dan santan kedalam kaldu. Selain mengurangi bau dari kaldu yang sedang dimasak santan menjadikannya lebih gurih. Tapi tidak hanya rasa yang ditingkatkan oleh santan. Ternyata santan juga meningkatkan kadar kolesterolnya dan semakin lama direbus semakin tinggi pula kandungan kolesterol jahat pada kaldu tersebut.

Nah, cara memasak jeroan yang aman jika penderita asam urat ingin tetap mengkonsumsinya, disarankan dimasak dengan memanggang dalam oven dengan suhu yang rendah adalah salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengolah jeroan dengan aman.

Dan berikut ini, adalah sedikit informasi yang penting untuk Anda ketahui dari manfaat jeroan, diantaranya :

  1. Hati.Kandungan zat besi dalam hati lebih tinggi dibanding bayam atau daging. Selain besi, hati juga mengandung hampir semua vitamin dari A, B, C dan D. Vitamin C adalah sesuatu yang langka ditemukan dalam sumber protein hewani.
  2. Ginjal.Rendah lemak dan tinggi zat besi, ginjal sangat baik untuk wanita yang menderita anemia namun tidak ingin gemuk. Ginjal juga merupakan sumber terbaik dari antioksidan selenium yang mencegah kerusakan jaringan dan perbaiki fungsi tiroid.
  3. Jantung.Jantung merupakan salah satu jeroan dengan kandungan protein tertinggi, bahkan lebih tinggi dari yang ada pada ginjal. Makan satu porsi jantung memenuhi kebutuhan zat besi harian Anda. Jantung juga mengandung selenium, zinc dan semua varian vitamin B.
  4. Lidah.Mengandung tiga kali lebih banyak zat besi daripada steak, dan tujuh kali lebih banyak vitamin B12. Lidah juga mengandung vitamin C.
  5. Babat.Banyak yang tidak tertarik makan babat karena teksturnya yang menyerupai handuk, namun babat adalah sumber protein yang rendah lemak dan kalori. Meskipun nutrisi pada babat tidak setinggi jeroan yang lain, ini satu-satunya jeroan yang mengandung kalsium, walau hanya sepertujuh dari kebutuhan sehari-hari Anda.
  6. Otak.Meskipun makan banyak otak tidak membuat Anda lebih pintar, jeroan ini mengandung vitamin B3, B12, dan C.

Bagaimana? Masih takut untuk mencoba mengkonsumsi jeroan? Tidak perlu takut, untuk Anda yang menderita asam urat, konsumsi dan masaklah jeroan dengan cara sehat seperti yang dianjurkan diatas.

Baca juga : Obat Asam Urat Yang Tepat Untuk Ibu Menyusui

Makan JeroanTidak Akan Menyebabkan Asam Urat |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *