Konsumsi Telur Berbahaya Bagi Penderita Asam Urat

20 May

Telur adalah salah satu jenis makanan kaya protein yang ternyata tidak boleh dikonsumsi berlebihan terutama bagi mereka penderita asam urat.

Konsumsi Telur Berbahaya Bagi Penderita Asam Urat

Selain memiliki kandungan Protein tinggi, di dalam telur juga terdapat kandungan Kalsium yang cukup tinggi sebanyak 90% serta zat besi. Telur dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dalam satu butir telur saja ada sekitar 70 sampai 85 Kalori di dalamnya. Sehingga tidak seran saat kita mengkonsumsi telur, kita mudah merasa kenyang.

Walaupun telur termasuk jenis makanan sehat nutrisi, namun perlu diperhatikan bagi penderita asam urat. Pasalnya, jika penderita asam urat terlalu banyak atau sering mengkonsumsi telur, purin mereka bisa bertambah dan kondisi ini jelas membahayakan penderita asam urat.

Akibat tingginya kadar purin penderita asam urat setelah konsumsi telur, bukan hanya dapat merasakan sakit di persendian saja, namun zat purin yang menumpuk di ginjal, dan berakhir dengan batu ginjal.

Sudah banyak terjadi penderita asam urat yang tidak segera melakukan pengobatan dan tidak memperhatikan pola makan. Mereka mengalami batu ginjal, hingga kerusakan ginjal. Karena itulah, selain pengobatan, diwajibkan penderita asam urat untuk memanajemen kembali pola makan dan asupan makanan yang sehat serta menghindari atau membatasi jenis makanan dengan kandungan purin tinggi.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *