Komplikasi Penyakit Asam Urat Yang Harus Anda Ketahui

21 May

Komplikasi Penyakit Asam Urat Yang Harus Anda Ketahui,- Asam urat memang salah satu jenis penyakit yang mengganggu termasuk jika terjadi pada saat kehamilan. Nah Anda juga harus mengetahui bahwa penyakit asam urat ini akan menimbulkan komplikasi / menyebabkan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Beberapa jenis penyakit seperti batu ginjal, kemudian munculnya benjolan-benjolan di bawah kulit yang disebut tofi serta kerusakan sendi yang terjadi akibat asam urat yang terlambat penanganannya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Simak berikut ini:

Benjolan Tofi, salah satu komplikasi dari penyakit asam urat
Benjolan Tofi, salah satu komplikasi dari penyakit asam urat

1. Tentang penyakit batu ginjal.
Mengapa batu ginjal dapat terjadi setelah asam urat? Seperti yang sudah umum dijelaskan bahwa asam urat memang akan menciptakan endapan-endapan di dalam ginjal, terlebih jika kadarnya yang tinggi. Pada umumnya endapan-endapan tersebut berukuran mikro dan dapat secara alami dikeluarkan melalui saluran kemih. Namun jika ukurannya terlalu besar, maka akan menimbulkan masalah kesehatan yaitu penyakit batu ginjal. Menurut data yang ada, sekitar 10 – 25 % penderita asam urat juga mengaami masalah batu ginjal. Pengobatan yang disarankan untuk pencegahan adalah meminum cukup air agar endapan-endapan asam urat yang ada dapat keluar secara alami dan mudah dari tubuh Anda.

2. Tentang munculnya benjolan-benjolan tofi.
Tofi adalah benjolan yang terjadi pada ujung-ujung jari tangan dan kaku. Nah biasanya mereka yang menderita asam urat akan mengalami gejala ini. Tofi sendiri adalah gumpalan yang terbentuk akibat endapan kristal-kristal asam urat di bawah kulit. Tofi ini sebenarnya tidak menyebabkan rasa sakit, hanya saja kemunculannya terjadi pada tempat-tempat yang ganjal seperti ujung jari tangan atau ujung jari kaki. Tempat tofi biasa tumbuh selain dikedua tempat tersebut, lainnya terkadang juga bisa terjadi pada area tumit, siku, area lutut dan lengan bawan. Bahkan dalam kasus yang jarang terjadi, ofi ini akan terbentu pada kanal tulang belakang atau pita suara. Biasanya jika tofi ini terjadi pada bawah permukaan kulit, maka jumlah yang lebih banyak lagi bisa terjadi pada area dalam tulang rawan atau tulang sendi. Jika sudah seperti ini, maka harus cepat-cepat konsultasikan pada dokter ahli agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

3. Dan terakhir adalah kerusakan pada sendi.
Sendi akan mengalami kerusakan jika asam urat tidak segera ditangani. Mengapa demikian ? Jawabannya adalah jika kristal-kristal natrium urat yang terus menumpuk dan membentuk tofi di dalam tulang rawan dan tulang sendi dibiarkan begitu saja, lama-kelamaan akan meruksa sendi hingga kerusakan tersebut akan jadi kerusakan permanen. Pada beberapa kasus yang parah bahkan dokter terpaksa melakukan operasi untuk memperbaiki atau mengganti sendi-sendi yang rusak tersebut.

Ketiga penyakit diatas tentu sangat menakutkan jika sampai terjadi, maka dari itu, bagi Anda penderita asam urat jangan menunda-nunda dalam menanganinya. Segera lakukan pengobatan dan untuk Anda yang dirasa berpotensi mengidap penyakit asam urat lakukan beberapa tindakan pencegahan. Yang paling mudah memang lakukan pola hidup sehat dimulai dari sekarang, meski tidak sempurna namun Anda bisa melakukan tindakan pencegahan secara bertahap.

– Komplikasi Penyakit Asam Urat Yang Harus Anda Ketahui –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *