Kelebihan Protein Dalam Tubuh Memicu Asam Urat

19 Jun

Tubuh manusia secara alami memang membutuhkan asupan gizi dan nutrisi agar tetap sehat dan tubuh menjalankan fungsinya dengan baik.

Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh adalah Protein. Ada banyak manfaat untuk kesehatan tubuh jika kita memenuhi kebutuhan asupan Protein, terlebih bagi mereka yang sedang diet. Hanya saja, sgeala sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk dan membahayakan termasuk saat Protein di dalam tubuh benar-benar tinggi.

Kelebihan Protein Dalam Tubuh Memicu Asam Urat

Jika kadar Protein terlalu banyak, sebaiknya waspada karena bisa memicu gangguan pada ginjal. Mengapa? Ginjal adalah organ yang membantu menyaring seluruh limbah yang dihasilkan dari asupan Protein. Sejumlah besar dari Protein dalam makanan dapat menyebabkan Ginjal bekerja lebih keras dan menjadi lebih tegang daripada biasanya.

Saat limbah melakukan proses pengelolaan oleh Ginjal, salah satu produk yang dilepaskan adalah nitrogen urea darah. Jika jumlah Protein lebih banyak di tubuh, kondisi ini menyebabkan Ginjal menghasilkan lebih banyak nitrogen urea darah.

Pada gilirannya, tubuh harus menggunakan lebih banyak banyak air untuk membersihkan zat berbahaya tersebut. Kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi serius dan perlu konsumsi air lebih banyak.

Selain efek tersebut, tubuh yang kelebihan Protein juga lebih rentan bermasalah dengan Jantung. Penyebabnya jika mengonsumsi Protein dari sumber hewani, sebagian besar daging ini hadir dengan lapisan lemak jenuh.

Bukan rahasia lagi jika mengonsumsi terlalu banyak Protein dapat memicu penyakit kardiovaskular. Orang-orang yang mengonsumsi Protein dari sumber nabati lebih cenderung tidak menderita penyakit kardiovaskular jika dibandingkan dengan mereka yang menggunakan Protein bersumber dari hewan.

Rupanya selain gangguan pada Jantung, Protein hewani pun membawa penderitanya lebih dekat pada risiko terkena asam urat. Alasannya adalah, Protein hewani memiliki kadar purin yang tinggi, yang menyebabkan kadar asam purin tinggi di tubuh.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *