Jempol Kaki Membengkak? Bisa Jadi Asam Urat

7 Feb

Apakah Anda pernah mengalami kondisi jempol kaki membengkak? Bisa jadi ini akibat dari Gout atau asam urat.

Asam urat atau Gout, merupakan sebuah kondisi idimana terjadi pengendapan asam urat yang membentuk batu-batuan kristal di sendo-sendi Anda. Biasanya kondisi ini terjadi pada orang-orang berusia 30 tahun keatas, dan salah satu tempat paling sering mengendapnya batuan asam urat adalah jempol kaki. Jika di pangkal jempol terasa bengkak dan juga nyeri, penyebabnya dipastikan adalah arthritis Gout.

Jempol Kaki Membengkak? Bisa Jadi Asam Urat

Tanda dari penyakit ini adala mengalami nyeri yag berulang apada sendi. Tidak hanya rasa nyeri saja yang muncul akibat asam urat, tapi juga dapat terjadi Tofus. Tofus tidak lain adalah adanya endapan kristal urat yang dapat dijumpai pada permukaan kulit berupa benjolan. Selain beberapa keluhan tersebut, seorang pasien juga dapat mengalami endapan kristal urat pada ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

Bagaimana cara penanganan terhadap asam urat tersebut?

Umumnya, beberapa prinsip utama dalam penanganan asam urat adalah dengan melakukan diet rendah purin. Purin merupakan bahan mentah yang diubah menjadi asam urat di dalam tubuh. Dengan anda membatasi asupan purin menjadi 100-150 mg purin perhari (diet normal biasanya mengandung 600-1.000 mg purin perhari). Adapun jenis makanan yang mengandung purin yaitu jeroan (jantung, hati, lidah ginjal, usus), sarden, kerang.

Selanjutnya, yang terpenting bagi penderita asam yurat adalah perbanyak konsumsi cairan. Sebab, dengan mengkonsumsi cairan yang lebih dapat membantu membuang asam urat melalui urin. Maka dari itu, penderita asam urat sangat disarankan untuk menghabiskan minum minimal sebanyak 2,5 liter atau 10 gelas sehari.

Berdasarkan penelitian para ahli, kadar asam urat orang yang mengonsumsi alkohol lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. Hal ini terjadi karena alkohol bersifat meningkatkan asam laktat plasma. Asam laktat ini akan menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh.

Sebenarnya, dengan perubahan pola hidup saja tidak cukup untuk mengontrol asam urat. Jadi, penggunaan obat penurun asam urat dapat menjadi alternatif lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *