Hati-hati Makanan Ini Penyebab Asam Urat!

29 Apr

Hati-hati Makanan Ini Penyebab Asam Urat,- Seperti yang kita ketahui bahwa asam urat termasuk gangguan kesehatan yang cukup menganggu. Asam urat juga dapat memicu timbulnya penyakit lain yang terkait dengan gout (penyakit yang disebabkan oleh gangguan metabolisme asam urat) dan diabetes. Kadar asam urat yang tinggi juga ternyata dapat disebabkan oleh kondisi tertentu seperti kanker dan gangguan yang mempengaruhi sumsum tulang, dan diet yang terlalu banyak purin. Maka dari itu, penting untuk Anda mengetahui apa-apa saja makanan yang dapat memicu tingginya kadar purin dan menimbulkan kadar asam urat, simak berikut ini:

hindari makanan pemicu asam urat1. Hati

Hati hewan, seperti sapi atau ayam, kerap dikonsumsi karena berbagai alasan gizi. Hati adalah makanan yang kaya akan vitamin B12, protein dan zat besi, tetapi juga tinggi purin, yang nantinya diubah menjadi asam urat. Bahkan menurut Boston University Medical, pasien yang menderita gout atau rentan terhadap gout disarankan untuk tidak makan hati. Jika kristal asam urat terkumpul dalam sendi, kondisi tersebut bisa sangat menyakitkan.

2. Ragi bir

Ragi adalah jenis jamur yang disebut Saccharomyces cerevisiae. Ragi ini paling sering digunakan dalam pembuatan alkohol – khususnya pada bir. Menurut Purple Sage, mengonsumsi bir, yang berisi ragi, dapat memicu peradangan asam urat dan harus dihindari oleh mereka yang menderita gout. Namun, ragi yang dimaksud di sini tidak ada hubungannya dengan ragi roti karena mereka memiliki sifat berbeda.

3. Makarel

Makarel adalah sekelompok ikan yang memiliki banyak nutrisi. Ada sekitar 48 spesies yang berbeda dari makarel. Minyak yang berasal dari makarel kerap digunakan dalam kapsul minyak ikan omega-3 untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Namun berhati-hatilah, suplemen ini dapat memicu rasa sakit pada sendi jika terlalu sering dikonsumsi oleh orang-orang yang rentan terhadap penumpukan asam urat.

4. Daging

Makanan kaya purin, termasuk hewan daging merah seperti daging sapi, dan organ-organ dalam hewan lainnya seperti bagian hati, otak, jantung dan ginjal. Orang yang menderita hyperuricemia (suatu keadaan kelainan metabolik dimana kadar Asam Urat didalam darah melebihi nilai normalnya) harus menghindari makanan tersebut.

5. Ikan bercangkang

Ikan bercangkang sangat tinggi purin. Contohnya saja, kerang, tiram, kepiting, kerang, lobster, dan udang.

Nah, jika Anda adalah penderita asam urat sebaiknya hindari memakan makanan seperti yang disebutkan diatas, karena jika tidak kadar purin yang terus bertambah dapat memicu terjadinya penyakit asam urat.

Hati-hati Makanan Ini Penyebab Asam Urat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *