Diet Sehat Dan Bergizi Untuk Ibu Hamil Penderita Asam Urat

8 May

Diet Sehat Dan Bergizi Untuk Ibu Hamil Penderita Asam Urat,- Untuk penderita asam urat, memang diharuskan memperhatikan asupan makanan yang akan dikonsumsi, termasuk ibu hamil. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi untuk Anda, khusus ibu hamil penderita asam urat, dalam memilih makanan bergizi dan diet sehat yang akan membantu mengurangi resiko asam urat kambuh ketika masa kehamilan.

Diet Sehat Dan Bergizi Untuk Ibu Hamil Penderita Asam UratMenyusun menu makanan yang sehat dan bergizi untuk wanita yang sedang mengandung memang tidak boleh sembarangan, harus ada banyak hal yang perlu untuk dipertimbangkan. Kesulitan menjadi bertambah saat ibu hamil tersebut menderita penyakit asam urat, sebuah penyakit yang harus benar-benar diperhatikan dalam asupan makanannya. Karena jika asalah memilih asupan makanan akan berdampak pada kambuhnya asam urat dan menjadi lebih buruk lagi. Untuk itu, perhatikal hal-hal dasar dibawah ini agar menu diet tersusun dengan tepat.

Seperti yang dikutip dari situs artikel dunia wanita, hal paling mendasar yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat terlebih ibu hamil adalah makanan. Karena penyakit asam urat dipicu oleh tingginya zat purin dari makanan yang dikonsumsi, maka perlu dihindari makanan-makanan yang mengandung zat purin tinggi.

Ada beberapa kelompok makanan yang harus menjadi pantangan, seperti

  • Jeroan,
  • Makanan olahan dari jenis kacang-kacangan, contohnya adalah tempe, tauco, oncom, susu kedelai, emping, dan melinjo,
  • Kelompok makanan fermentasi dan mengandung alkohol,
  • Sayuran dengan kadar purin tinggi seperti bayam, kangkung, brokoli, asparagus, kembang kol, dan juga buncis, (Bukan tidak boleh mengkonsumsi sayuran tersebut, hanya kurangi konsumsi sayuran tersebut, untuk mencegah kadar purin tinggi dan akhirnya menumpuk di persendian).

Sebaliknya, dalam diet ini sebaiknya memasukkan makanan-makanan yang mengandung potasium tinggi, seperti

  • Susu,
  • Kentang,
  • Pisang, jeruk dan strawberry dan buah-buahan lain yang tinggi vitamin C,
    Yoghurt.

Maka dari itu, Diet Sehat Dan Bergizi Untuk Ibu Hamil Penderita Asam Urat juga harus diperbanyak dalam mengkonsumi air putih, juga tetaplah aktif secara seksual agar produksi urin lancar sehingga ekskresi asam urat juga lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *