Cara Menyembuhkan Asam Urat Dengan Daun Binahong

14 Aug

Siapa yang tidak kenal daun binahong? Mungkin namanya masih terdengar asing di beberapa kalangan masyarakat. Binahong ini merupakan jenis tanaman rambat yang bisa tumbuh di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Binahong yang berasal dari daratan Tiongkok dan dikenal dengan nama Deng san chi ini memiliki nama latin Basela rubra linn, yang sudah sejak lama diigunakan sebagai salah satu bahan ramuan tradisional yang biasa digunakan sebagai obat. Tanaman ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan sampai yang berat termasuk penyakit asam urat.

Daun Binahong Obat Asam Urat?

daun binahong

Kandungan yang terdapat didalam Daun binahong, adalah antioksidan yang cukup banyak, fenol, asam arkobat, dan protein cukup tinggi yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh. Asam urat terjadi karena disebabkan kelebihan zat purin dalam tubuh kemudian ginjal tidak mampu menguraikannya lalu hal itu membuat kristal asam urat akan menumpuk di persendian. Akibat dari penumpukan tersebutlah persendian akan mengalami nyeri, bengkak, dan meradang pada persendian. Dan berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap Daun Binahong, daun binahong ini memiliki kandungan Saponin, alkaloid, minyak atsin, asam oleanotik dan polifenol. Zat saponin tersebut jika kemudian dilarutkan dengan etanol 70 % maka akan membentuk senyawa antibakteri. Dan kandungan alkaloid pada daun binahong memiliki sifat hipoglikemik yang mampu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Daun binahong secara empiris mampu membuat asam urat Anda hilang dan juga membuat tubuh menjadi sehat.

Untuk mengolah daun binahong sebagai ramuan tradisional asam urat cukup dnegan memakannya sebagai lalapan atau dengan dijadikan jus yang sebelumnya sudah dicuci dahulu. Untuk penyakit luar seperti luka dapat juga ditumbuk lalu dioleskan pada luka.

Demikianlah khasiat dari daun binahong dalam Cara Menyembuhkan Asam Urat Dengan Daun Binahong yang telah dirangkum dari situs kesehatan lainnya. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *