Cara Mengatasi Ngilu Kaki Akibat Asam Urat

19 Nov

Asam urat memang lebih dikaitkan sebagai salah satu penyakit yang menyerang pada orangtua. Namun kenyataannya sekarang ini tidak hanya orangtua saja yang menderita asam urat, tapi anak-anak remaja juga bisa terkena penyakit sendi yang satu ini.

Penyakit asam urat bisa dikenali penderitanya dari munculnya rasa sakit yang luar biasa diantara sendi-sendi tulang. Beberapa orang mungkin beranggapan jika gangguan pada tulang lah yang menjadi penyebab rasa sakit tersebut terjad. Tapi faktanya, rasa sakit yang muncul di area persendian disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah.

Asam urat yang berlebih mengakibatkan munculnya kristal monosodium urat yang akhirnya mengendap di titik-titik sendi, dan menyebabkan sakit yang luar biasa terutama pada saat pagi dan malam hari. Gejala ngilu akibat asam yrat juga bisa terjadi dalam waktu yang tidak sebentar. Selain sakit, biasanya area tubuh yang terdapat asam urat akan memerah, membengkak, kadang terasa panas terutama kejadian yang paling sering adalah menyerang pada kaki. Untuk itu, ketahui Cara Mengatasi Ngilu Kaki Akibat Asam Urat berikut ini.

Cara Mengatasi Ngilu Kaki Akibat Asam Urat

— Dengan menggunakan Jahe.

Jahe dikenal sebagai campuran untuk minuman berkhasiat (seperti jamu) yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Jahe ternyata juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk penyembuh penyakit rematik maupun asam urat.

Anda bisa mengambil jahe sebesar dua jempol, kemudian paparkan sampai remuk. Remukan jahe nantinya dapat direbus dengan segelas air. Jika ingin mendapatkan rasa manis, kita bisa menambahkan madu (sebaiknya yang murni) yang baik untuk tubuh.

Minum secara rutin air jahe madu hangat tadi. Selain madu, bahan tersebut juga dapat dicampur dengan cengkeh namun bedanya keduanya dituymbuk dan dioles pada bagian kaki yang terasa ngilu dan nyeri. Pengolesan secara berkala akan lebih baik dalam meredakan sakit asam urat.

— Dengan menggunakan kumis kucing.

Tanaman kumis kucing mungkin sudah sangat jarang, tapi bagi Anda yang masih bisa menemukannya, kumis kucing dapat digunakan sebagai salah satu herbal untuk mengatasi asam urat. Kumis kucing adalah tanaman herbal yang memiliki kandungan senyawa osthosiphonin glikosida. Osthosiphonin glikosida bermanfaat dalam membantu mengatasi kadar asam urat berlebih dalam darah.

Dalam membuat ramuannya cukup gunakan 5 daun kumis kucing, nantinya akan dicampur dengan 5 ranting meniran. Keduanya tumbuk dan beri air kurang lebih 3 gelas.

Setelah rebusan menyisakan air setidaknya setengah dari level air sebelum direbus. Ramuan kumis kucing dan meniran yang dikonsumsi rutin 2x sehari dipercata mengobati masalah asam urat dengan efektif.

Baca juga : Cara Mengurangi Kadar Asam Urat Dalam Darah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *