Bolehkan Penderita Asam Urat Mengkonsumsi Tempe?

18 Oct

Nah seperti yang diketahui jika asam urat dapat terjadi pada setiap orang yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan-makanan dengan kandungan purin tinggi. Makanan yang mengandung purin tinggi saat ini terdiri dari makanan jenis seafood, kaldu daging, dan jeroan.

Lalu apakah tempe dan jenis makanan lainnya yang berasal dari kedelai diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat? Jawabannya adalah, Ya.

Bolehkan Penderita Asam Urat Mengkonsumsi Tempe?
Namun, selama proses fermentasi kacang kedelai yang akan dibuat tempe ini menghasilkan enzim protease dan peptidase sehingga protein akan diurai dengan mudah menjadi asam amino. Jika asam amino meningkat sebanyak 7,3% sampai 12% hal tersebut akan membuat protein lebih mudah dicerna sehingga hasil metabolisme protein seperti asam urat akan menurun.

Penelitian oleh Arsiniati dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga  menyebutkan jika sebagian dari kandungan purin telah berubah menjadi senyawa lain, dan karena itu konsumsi tempe pada penderita asam urat tidak akan memperparah kondisi asam urat, yang justru akan mengubah zat protein menjadi zat lain yang lebih bermanfaat dalam tubuh.

Baca juga : Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Menderita Asam Urat

2 Replies to “Bolehkan Penderita Asam Urat Mengkonsumsi Tempe?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *