Bolehkah Penderita Asam Urat Minum Susu?

13 May

Susu krim tanpa lemak, sudah dikenal sejak lama memiliki beragam manfaat baik terutama dalam menurunkan kadar kolesterol. Bahkan dalam riset para ahli, belakangan diketahui jika penderita asam urat justru disarankan untuk mengkonsumsi susu krim secara teratur, untuk mengurangi gejala penyakit asam urat tersebut.

Bolehkah Penderita Asam Urat Minum Susu

Berdasarkan hasil riset.

Dalam penelitian tersebut, diungkap jika dengan mengkonsumsi susu krim yang diperkaya dengan 2 senyawa baik, seperti ekstrak lemak susu/G600, dan Glycomacropeptide (GMP), dapat menjadi solusi alami untuk mengurangi gejala umum seperti meredakan nyeri asam urat dan rasa tidak nyaman akibat asam urat.

Hasil riset ini bukanlah terfokus pada keterkaitan produk susu dengan asam urat saja, melainkan untuk menemukan bahwa sangat jarang dan sedikit orang-orang yang mengkonsumsi produk susu, memiliki resiko terhadap asam urat di kemudian hari. Menurut peneliti dan studi eksperimental, telah diamati bahwa kekambuhan pada penderita asam urat bisa terjadi dua kali dalam empat bulan masa studi.

Untuk melihat bagaimana efek dari mengkonsumsi susu pada penderita asam urat, kemudian mereka membagi kedalam 3 kelompok. Kelompok pertama adalah mereka yang diberi susu bubuk skim. Kelompok yang kedua, diberikan susu bubuk laktosa, dan kelompok ketiga diberikan susu skim yang diperkaya G600 dan GMP.

Dalam setiap bulan, semua peserta yang terlibat dalam penelitian melakukan pemeriksaan dan dilihat apakah mengalami gejala tambahan atau tidak. Setelahnya pada ahli kemudian menuliskan catatan dari tiap-tiap hasil penelitian mereka.

Hasil dari pengkajian tersebut didapat perbaikan pada sendi tender dan jumlah asam urat pada urin dari peserta studi kelompok ketiga (susu skim yang diperkaya G600 dan GMP)at bahwa tidak ada perubahan yang serius terjadi dengan kekambuhan dan nyeri asam urat dalam 3 bulan pertama. Namun, satu bulan kemudian barulah terlihat jika kelompok ketiga, yang diberi susu skim dengan G600 dan GMP menunjukkan mereka mengalami penurunan gejala asam urat. Bahkan,  perbaikan pada sendi tender dan jumlah asam urat pada urin dari peserta studi kelompok ketiga (susu skim yang diperkaya G600 dan GMP).

Para penulis studi menghimbau bahwa diet susu rendah lemak dengan susu skim yang diperkaya senyawa tambahan (GMP dan G600) tidak akan memicu penambahan berat badan, komplikasi serius  atau efek samping lainnya.

Semoga bermanfaat, salam.

Bolehkah Penderita Asam Urat Minum Susu?

Obat Asam Urat Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *