Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Brokoli?

24 Jul

Brokoli adalah jenis sayuran yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Brokoli juga termasuk jenis sayuran yang memiliki kandungan tinggi Purin. Brokoli meruoakan sebuah bunga dri tanaman yang diambil sebelum mekar. Brokoli terdiri dari dua jenis warna, yakni Brokoli hijau, dan Brokoli merah keunguan, akan tetapi yang lebih dikenal adalah jenis Brokoli hijau.

Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Brokoli?

Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Brokoli?

Sayangnya, Brokoli termasuk jenis sayuran yang gampang rusak setelah 3 hingga 4 hari penyimpanannya di tempat bersuhi 25 derajat celcius. Dalam kondisi ini Brokoli akan mengalami perubahan fisik menjadi kekuningan. Selain itu rasanya juga berubah menjadi kurang enak seperti saat Brokoli masih segar. Kandungan nutrisi di dalamnya juga berkurang.

Lalu apakah Brokoli aman dikonsumsi oleh penderita asam urat?

Berikut adalah penjelasan tentang bagaimana Brokoli jika dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Membuat Gejala Asam Urat Lebih Buruk

  • Ternyata Brokoli dapat membuat asam urat menjadi lebih buruk.

Brokoli termasuk sayuran dengan kandungan zat purindi dalamnya. Zat purin, merupakan zat yang tidak boleh masuk terlalu banyak pada penderita asam urat. Hal ini dikarenakan pada penderita asam urat zat purin mereka sudah tinggi, lalu kemudian mengkonsumsi makanan yang jelas-jelas malah menambah kadar zat purin pada akhirnya akan memperburuk kondisi kesehatan penderita asam urat saja. Maka dari itu sebaiknya Brokoli dalam porsi kecil yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat, namun tetap saja akan membuat kadar asam urat dalam darah mengalami kenaikan.

Meningkatkan kadar Asam Urat.

Dikarenakan kadar purin yang terdapat pada Brokoli masuk kedalam tubuh, maka sarus mereka konsumsi adalah benar. Pada ahli juga telah menyarankan bahwa penderita asam urat sebaiknya mengudah pasti dapat menyebabkan kadar asam urat di dalam darah juga mengalami kenaikan. Hal ini dikarenakan zat purin saat berada didalam tubuh akan berubah menjadi asam urat.

Jadi sudah jelas kan? Bagaimana dampaknya penderita asam urat mengkonsumsi Brokoli. Semoga dapat bermanfaat, salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *