Bisakah Menyembuhkan Penyakit Asam Urat Tanpa Obat?

12 May

Mungkin dalam benak Anda, khususnya para penderita asam urat bertanya-tanya, Bisakah Menyembuhkan Penyakit Asam Urat Tanpa Obat? Nah pada kesempatan kali ini pada situs Obat Asam Urat Saat Hamil, saya berkesempatan untuk membahasnya.

Seperti yang dilansir dalam situs kesehatan meetdoctor, bahwa asam urat bisa disembuhkan tanpa obat. Lebih jelasnya seperti ini, dengan menghindari beberapa faktor yang bisa memicu kadar asam urat lebih tinggi, maka dengan cara menghindari beberapa faktor tersebut dapat mengurangi kadar asam urat dan menekan kembali ke angka normal.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kadar purin agar tidak menumpuk dan bertambah kadar jumlahnya, diantaranya:

  1. Kurangi jenis makanan yang banyak mengandung purin. Makanan ini biasanya berupa sumber protein hewani seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, kambing dan babi, ayam, otak dan jeroan. Jika ingin mengonsumsi sumber protein, konsumsilah protein murni seperti putih telur, protein nabati, serta protein yang merupakan sumber asam lemak esensial seperti ikan salmon dan tuna.
  2. Perbanyak makan makanan yang bisa melancarkan pencernaan dan proses sirkulasi, misalnya makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral dan serat. Sayur-sayuran segar dan buah adalah kandidat yang baik untuk makanan sehari-hari bagi penderita asam urat.
  3. Minum banyak air putih, sekitar 2 liter per hari atau bahkan lebih saat asam urat sedang parah-parahnya. Ini bisa membantu melancarkan aktifitas ginjal dan kandung kemih sehingga makin banyak zat purin yang terbuang dari dalam tubuh.
  4. Imbangi diet sehat dengan olahraga untuk semakin melarutkan dan membuang asam urat dari dalam tubuh. Jika merasa kesakitan, tidak perlu memaksa melakukan olahraga berat; cobalah angkat beban ringan, yoga, jalan kaki atau bersepeda perlahan-lahan, dan lakukan dengan konsisten setiap minggu.

Dengan melakukan beberapa cara diatas, kadar asam urat akan berkurang dan kembali ke kadar normal sehingga Anda tidak akan merasakan nyeri persendian kembali akibat asam urat. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat ya. Salam 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *