Beragam Kerusakan Organ Akibat Penyakit Asam Urat

26 Jan

Setiap penyakit yang tidak ditangani dengan tepat, akan berujung pada komplikasi. Termasuk asam urat. Komplikasi pada penyakit asam urat juga beragam, bahkan sampai terjadi gangguan pada ginjal. Kira-kira apa saja komplikasi dan kerusakan organ yang terjadi akibat asam urat yang tidak ditangani?

Beragam Kerusakan Organ Akibat Penyakit Asam Urat

1. Gout.

Penyakit arthritis yang satu ini adalah peradangan pada sendi akibat kristal asam urat yang mengendap. Orang yang mengalami Gout nantinya akan sulit dalam bergerak dan beraktivitas. Selain itu, yang lebih menganggu adalah sendi kemerahan dan nyeri sendi yang teramat sangat.

Gout kronis (dalam jangka panjang) nantinya akan menyebabkan penumpukan asam urat di dalam dan sekitar persendian, dan akhirnya menganggu fungsi ginjal dan membentuk batu dalam ginjal.

2. Batu ginjal.

Akibat peningkatan asam urat, pengendapat urat pada ginjal akan meningkat dan berujung pada batu ginjal. Jika ukurannya kecil, kondisi ini tidak akan menyebabkan gejala. Namun, saat ukurannya membesar, gejala-gejala yang umumnya terjadi diantara lain mengalami nyeri di pinggang, gangguan dalam buang air kecil hingga mengalami infeksi saluran kencing.

Kondisi yang berlarut dan tidak mendapatkan penanganan, akan berkembang menjadi gagal ginjal yang lebih serius.

3. Gagal ginjal.

Tahap akhir dari komplikasi asam urat berbahaya yaitu efeknya pada ginjal yang menyebabkan kegagalan fungsi. Seperti yang dijelaskan tadi, jika batu ginjal tidak ditangani maka pada akhirnya akan menyebabkan ginjal kehilangan fungsinya secara perlahan. Jika gagal ginjal sudha memasuki tahap akhir, bukan hanya kerusakan yang akan sangat berisiko, tapi terapi pengganti ginjal seperti cuci darah nantinya harus dijalani oleh penderita.

Melihat dari efeknya yang berbahaya dan berawal dari asam urat yang tidak ditangani dengan cepat, tentu sangat mengkhawatirkan. Terlebih menyerang organ ginjal, salah satu organ dalam tubuh yang teramat penting. Maka dari itu, mulai dari sekarang selalu jaga kesehatan dan rutin lakukan pemeriksaan kesehatan agar jika terjadi sesuatu dapat diketahui lebih awal, sehingga penanganannya pun akan lebih cepat.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *