Bahaya Ikan Teri Bagi Penderita Asam Urat

18 Dec

Bahaya Ikan Teri,- Obat Asam Urat : Berikut ini adalah informasi mengenai bahaya ikan teri bagi penderita asam urat.

Asam urat adalah penyakit radang sendi yang sangat menyakitkan saat kambuh. Asam urat ditandai dengan bagian tubuh terutama bagian sendi menjadi kemerahan, hangat, dan muncul benjolan-benjolan keras yang berasal dari kristal asam urat. Asam urat yang kronis menyebabkan penderitanya kesulitanb bahkan untuk beraktivitas sekalipun.

Bahaya Ikan Teri Bagi Penderita Asam Urat

Makanan laut berbahaya untuk asam urat?

Makanan laut atau seafood, menjadi salah satu jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Mengapa? Sebab, seafood adalah makanan yang bisa menaikkan dan menambah jumlah purin di dalam tubuh. Saat purin terlalu berlebihan jumlahnya, maka akan memicu asam urat. Nah, bagi Anda yang gemar makan-makanan laut tapi menderita asam urat, ada baiknya untuk menghindari olahan makanan berbahan kepiting, udang, cumi dll.

Bahaya Ikan Teri Bagi Penderita Asam Urat

Selain itu, penderita asam urat sebaiknya juga menghindari konsumsi ikan teri. Ikan teri termasuk ikan laut yang hidup di perairan dangkal dan cenderung hangat. Ikan teri memang bisa diolah menjadi berbagai masakan dan rasanya pun enak. Namun sayangnya lagi-lagi untuk penderita asam urat ikan teri sebaiknya dihindari.

Bagi penderita asam urat, ikan teri tidak hanya akan meningkatkan keparahan asam urat, bahkan karena terlalu sering mengkonsumsi ikan teri asam urat bisa kambuh terus-terusan dan membuat zat asam urat terus menumpuk di ginjal hingga menyebabkan pembentukan batu atau disebut batu ginjal nantinya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Penderita asam urat tetap bisa makan ikan. Jenis-jenis ikan yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat antara lain adalah :

  • Ikan makarel.

Ikan makarel atau ikan kembung atau ikan tengiri, merupakan jenis ikan yang aman untuk dikonsumsi untuk penderita asam urat. Hanya saja, untuk mengolahnya tidak disarankan dengan digoreng.

  • Ikan haddock.

Ikan haddock kaya dengan kandungan asam lemak omega 3 ini juga aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Sebaiknya ikan ini diolah dengan cara dipanggang, bukan digoreng demi memberikan manfaat kesehatan bagi penderita asam urat.

  • Ikan kod.

Ikan kod termasuk jenis ikan yang kaya dengan kandungan Vitamin hingga asam lemak omega 3. Minyak hati dari ikan kod juga dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi perlu Anda ketahui jika di dalam 100 gram daging ikan kod terdapar 109 mg purin sehingga konsumsinya tetap harus dibatasi.

Itu dia selengkapnya mengenai bahaya Ikan teri bagi penderita asam urat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *