Alasan Melinjo Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

25 Feb

Melinjo memang sudah lama diketahui sebagai salah satu bahan untuk pembuatan kerupuk emping, atau lebih dikenal dengan sebutan emping melinjo. Melinjo memiliki rasa yang khas setengah pahit, namun juga gurih dan lezat, karena inilah banyak sekali orang yang gemar mengkonsumsi melinjo ini. Meskipun demikian  banyak juga orang yang menjauhi makan melinjo karena dianggap bisa membuat sakit asam urat. Benarkah fakta tersebut?

Alasan Melinjo Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita asam urat tidak dianjurkan untuk makan makanan yang tinggi lemak dan menghasilkan banyak purin. Nah, ternyata melinjo dan emping ini adalah makanan yang tinggi kadar purin. Jika pasien dengan asam urat mengkonsumsi melinjo terlalu banyak, maka bisa dipastikan akan memperburuk kondisi asam urat.

Bagi Anda yang kadar asam uratnya normal, makan melinjo janganlah berlebihan. Dosis yang dianjurkan untuk konsumsi normal, cukup segenggam biji melinjo yang direbus dalam sehari. Sebelum direbus, biji melinjo harus dicuci hingga benar-benar bersih.

Selian melinjo, beberapa makanan lain yang dapat menyebabkan asam urat kambuh, anjtara lain seperti daging merah, produk susu full cream, daging prosesan (sosis dan nugget) dan hasil fermentasi (bir, tapi, tempe, ragi) jika sebaiknya di hindari.

Baca juga : Ini Penyebab Asam Urat Yang Tidak Terduga!

Alasan Melinjo Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *